Kamis, 03 Mei 2012

TIPS SEBELUM MEMBELI NOTEBOOK / LAPTOP

Sebelum Anda membeli laptop sebaiknya Anda mengetahui tips - tips berikut yang akan saya sampaikan di sini. Karena sebagai konsumen cerdas Anda harus selalu mempunyai semboyan " teliti sebelum membeli ", agar barang yang Anda beli nanti sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak teliti dan tidak mencari referensi - referensi dulu sebelum membeli, apalagi untuk ukuran laptop yang terbilang cukup mahal, Anda pasti akan kecewa jika ternyata setelah sampai rumah atau setelah beberapa hari Anda baru mengetahui ada " cacatnya ", atau ada kerusakan.
sumber gambar : www.techiom.com


Langsung aja berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui :
  1. Cek fisik laptop yang akan anda beli, mulai dari spek ( spek harus sesuai dengan keterangan yang ada, misal kapasitas harddisk, memory, dan prosesor ), casing ada yang pecah atau tidak karena casing tidak termasuk dalam garansi, lcd gores kah atau pixel mati ( ada titik kecil pada waktu nyala ).
  2. Pastikan bahwa segel dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Jika segel sudah rusak dan Anda tidak mengetahuinya bisa - bisa gransi laptop Anda hangus.
  3. Cek kelengkapan muali dari battery, adaptor, dan kartu garansi yang ada.
  4. Tanyakan kepada sales counternya tempat service centernya jika suatu saat ada kerusakan dan Anda ingin mengklaim garansi.
  5. Baca baik - baik ketentuan - ketentuan yang tertera di dalam kartu garansi, tanyakan jika ada yang tidak Anda mengerti.
  6. Setelah Anda bawa pulang laptop Anda pastikan bahwa hardware nya berfungsi semua, mulai dari wifi, bluetooth, LAN, usb, dan semuanya hardware yang include di dalamnya. Garansi return atau tukar biasanya dilayani toko tempat Anda beli dengan jangka waktu maksimal 3 hari sejak pembelian. Bisa Anda tukarkan laptop Anda dengan yang baru jika sebelum 3 hari ada kerusakan. Kalau ada kerusakan setelah 3 hari maka Anda harus membawanya ke service center terdekat di kota anda untuk klaim garansi.
Okey, itu saja tips dari saya, kalau ada yang mau menambahkan silakan.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. wah, tips yang sangat bagus untuk calon pembeli laptop seperti saya ini :)

    salam kenal, terima kasih | Tetap Semangat!
    Hedi Sasrawan

    BalasHapus
  2. salam kenal juga bung Hedi Sasrawan, terima kasih motivasinya.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda