Senin, 30 April 2012

MENGATASI KOMPUTER / LAPTOP BLUE SCREEN

Pernahkah Anda menjumpai layar laptop atau komputer Anda " blue screen " ? Bisa Anda lihat seperti di bawah ini

contoh tampilan blue screen

Jika ini terjadi pada komputer / laptop Anda jangan panik dulu karena " pesan blue screen " bukanlah pertanda adanya kerusakan yang parah. Berikut langkah - langkah yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami blue screen pada laptop / komputer Anda.

  1. Blue screen yang paling umum disebabkan adanya crash yang terjadi di dalam system memory komputer. Langkah awalnya cobalah lepas card memory di dalam komputer Anda, dan cobalah pasang dengan memory lain yang sejenis. Jika ternyata blue screen tidak muncul lagi berarti saatnya Anda membeli memory yang baru. Tapi ingat belum tentu memory Anda tersebut rusak, bisa jadi memory Anda bila dipasang di komputer lain akan berjalan normal. Itu hanya faktor " compatible dan not compatible " saja.
  2.  Jika Anda sudah mengganti memory Anda namun tetap muncul blue screen berdasarkan pengalaman saya disebabkan karena adanya virus di dalam hardisk Anda. Back up lah data - data penting pada komputer Anda terlebih dahulu kemudian format hardisk Anda. Format keseluruhan, jangan memformat drive C: saja, karena bila virus yang menjangkit di dalam komputer Anda sudah meluas semua isi di dalam komputer anda harus diformat semua. Untuk format anda bisa menggunakan tools pada Hirens. Atau dapat menggunakan fdisk. Setelah hardisk selesai diformat install ulanglah laptop / komputer Anda tersebut.
Jika dengan kedua cara di atas komputer / laptop masih blue screen jurus terakhir adalah membawa komputer Anda ke UGD. hehehehehe

Semoga bermanfaat..




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda